Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Lepas Stiker Yang Benar Dan Cepat, Ini Dia Triknya

Dalam dunia jasa pemasangan sticker vinyl pada umumnya terdapat dua category yaitu jasa pemasangan sticker & jasa pembongkaran sticker, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara lepas sticker vynil dengan cepat dan mudah? Simak baik-baik agar sobat tidak gagal paham.

cara lepas sticker cepat dan mudah

Proses bongkar atau lepas stiker vinyl dari berbagai media biasanya orang awam menganggap hal ini sangat mudah untuk dilakukan dan mungkin anggapan sobat tidak memerlukan persiapan, karena berfikir hanya sekedar melepaskan sticker saja. Padahal tidak demikian kenyataannya Terdapat bererapa faktor yang bisa mempengaruhi ketika proses melepas sticker tersebut. Melepas sticker sebetulnya pasti memerlukan beberapa alat bantu, apa saja alat bantu yang harus disiapkan? Berikut alat yang harus sobat siapkan  :

  • Heat gun
  • Kain Ball/majun yang bersih
  • Cairan pembersih lem ( minyak tanah, bensin )
  • Kartu bekas perdana

 Sobat bisa pilih cairan pembersih mana yang mudah dicari di kota sobat

Nah, Sebelum memulai cara melepas sticker, perlu sobat ketahui dan perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • pembongkaran menurut pengalaman saya selalu membutuhkan alat bantu  seperti heat gun, kain majun dan membutuhkan bahan kimia seperti minyak tanah atau bensin. Ketika sobat mulai menggunakan alat bantu heat gun, berhati-hatilah ketika menggunakannya. Karena Sumber panas yang keluar dari alat tersebut dapat meningkatkan suhu media yang cukup panas, jika terkena tangan/jari sobat  dapat mengakibatkan tangan & jari-jari sobat melepuh. Jika Penggunaan heat gun yang sembarangan dapat menyebabkan kebakaran ataupun ledakan & perhatikan setelah penggunaan heat gun selesai telitilah ketika menaruh heat gun dilantai jangan sampai kabel heat gun tersentuh atau menempel ke bagian moncong heat gun yang masih panas jika hal terjadi kabel akan meleleh dan dapat mengakibatkan konsleting listrik.

  • Perlu sobat ketahui dimana proses hasil dalam melepas stciker tentu tidak bisa diprediksikan. Bahkan terkadang dari material gulungan sticker vinyl yang sama, jika di diterapkan ke media yang berbeda akan memiliki beberapa tingkat kesulitan yang berbeda-beda pada saat pelepasannya. Macam-macam faktor menentukan seberapa mudah stiker dapat dilepaskan. Faktor-faktor inilah termasuk umur sticker & kondisi pada media ketika di terapkan.

  • Daya rekat lem pada sticker akan meningkat seiring berjalannya waktu, dan sticker semakin lama akan sulit dilepaskan. Stiker yang di aplikasikan pada bodi mobil dengan kondisi cat yang masih baru (bawaan pabrik) akan lebih mudah dilepaskan & tidak khawatir cat akan ikut terkelupas, jika sticker diaplikasikan pada bodi mobil yang sudah di cat ulang hal inilah yang khawatirkan ketika melepaskan sticker cat tersebut akan ikut terkelupas.

Ikuti Langkah-Langkah pelepasan sticker Brikut ini:

1. Langkah awal dalam proses melepaskan stiker adalah

  • dengan cara memanaskan stiker menggunakan heat gun. Faktor panas dari heat gun ini akan mempermudah lem stiker vinil untuk dilepas dari permukaan. Panaskan secara merata pada permukaan pada media yang diterdapat sticker, dengan memberi waktu kurang lebih 1 menit. Gerakan heat gun secara merata, agar sticker vinyl atau media tidak terbakar. Namun perlu hati-hati saat memanaskan pada media plastik untuk menghindari perubahan bentuk pada media tersebut seperti melengkung dan lain sebagainya.

2. Jika sudah dipanaskan

  • manfaatkanlah kuku jari anda, atau bisa juga menggunakan bahan plastik, seperti bekas kartu perdana, atau pisau plastik untuk membantu mengangkat ujung sticker. Pada saat mengangkat sticker vinyl dari permukaan, tarik pada sudut rendah (direkomendasikan agar kurang dari 45 °) dekat dengan permukaan sticker tersebut .

3. Rahasianya pada saat menggunakan heat gun adalah

  • gunakan tingkat panas yang pas dan tepat, sesuatu yang hanya dapat pahami dan dipelajari melalui metode trial & error. Jika sticker vinyl terlalu panas atau terlalu dingin, sticker tidak hanya akan meninggalkan bekas lem, tetapi sticker itu sendiri akan mudah sobek menjadi belahan-belahan kecil. Tapi jika suhu optimal, sticker akan lebih mudah untuk dihilangkan, sehingga waktu pengerjaan untuk melepaskan sticker akan lebih efisien.

4. Cara menghilangkan bekas lem sticker yang masih tertinggal di media

  • setelah pembongkaran sticker, sobat bisa menggunakan bahan penghilang sisa lem/adhesive seperti minyak tanah, Bensin, xylene dan citrus based remover saat melakukan pembongkaran sticker vynil. Sebelum sobat menggunakan cairan penghilang ini, lakukan uji coba terlebih dahulu pada bahan kimia tersebut, uji pada permukaan bodi mobil yang tidak mencolok untuk memastikan bahan kimia tidak bereaksi luntur atau keriput pada cat mobil. Sebagai info tambahan, untuk permukaan bodi mobil yang pernah di Cat ulang akan sangat rawan terhadap kerusakan terhadap cat mobil akibat pembongkaran sticker vinyl serta penggunaan bahan kimia tersebut.

5. Gunakan kain Ball/majun 

  • bersih kemudian celupkan kain tersebut ke dalam minyak tanah/bensin secukupnya . oleskan kain pada bagian lem secara perlahan dan merata, Tunggu hingga bahan kimia bereaksi. Saat adhesive melunak hingga berubah seperti jeli, gunakan alat pembersih karet yang tidak mengakibatkan baret untuk mengikis lem dari permukaan tersebut. Jika residu adhesive masih tetap menempel pada permukaan, Gunakan kain kembali yang sudah di basuh minyak tanah/bensin tunggu tunggu beberapa detik sampai perekat melunak, dan kemudian bersihkan permukaannya menggunakan kain ball baru yang sudah dibasuh minyak tanah/bensin..

6. Tahan Terakhir 

  • Gunakan Isopropil alkohol untuk pembersihan total pada media bodi mobil guna untuk membersihkan sisa-sisa cairan kimia seperti minyak tanah/bensin. 

Sebelum memasang sticker baru Perlu sobat ketahui bahwa permukaan media yang akan di pasang sticker baru harus benar-benar bersih dari sisa cairan minyak, jika sisa adhesive lama tidak benar-benar bersih maka akan menjamin kegagalan pemasangan sticker baru. 

Sebetulnya banyak  sekali cara untuk membongkar sticker dengan trik-trik lebih cepat, namun setiap orang pasti memiliki cara masing-masing, tapi metode diatas sedikit banyaknya bisa menjadi rekomendasi untuk sobat.

Sebagai informasi tambahan, kami juga menyediakan jasa bongkar pasang sticker berbagai media dengan tim yang professional dan berpengalaman. Rudiapplicator.com


Post a Comment for "Cara Lepas Stiker Yang Benar Dan Cepat, Ini Dia Triknya "