Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Teknik Memasang Sticker Pada Bodi Mobil, Ketahuilah Cara Ini !

2 Cara Teknik Memasang Sticker Pada Bodi Mobil, Ketahuilah Cara Ini - Teknik pemasangan sticker pada umumnya hanya terdapat 2 motode saja, Jika Anda berpikir untuk memasang atau membungkus dengan sticker vinyl ke bodi mobil pribadi, truk, atau Bus, ada dua opsi teknik pemasanganya yakni :

1. Metode aplikasi bungkus kering

wrapping car spesialis
metode kering

2. Metode aplikasi bungkus basah

wrapping car spesialis
Metode Basah

Satu-satunya perbedaan antara kedua metode tersebut adalah langsung. Bungkus kering tidak menggunakan aplikator cairan, sedangkan yang basah menggunakan aplikator cair. Dan seperti semua hal dalam hidup, ada pro dan kontra untuk setiap teknik, dan aplikasi yang berbeda sesuai dengan gaya tertentu.

Bungkus vinil memberi Anda kebebasan untuk menyesuaikan seluruh kendaraan Anda atau mengubah bagian tertentu untuk menyempurnakan penampilannya secara keseluruhan. Dari kamuflase atau film berwarna hingga matte atau krom, vinil dapat membawa mobil Anda ke tingkat yang benar-benar baru. Bergantung pada tingkat keahlian Anda dan jenis film yang Anda terapkan, lihat panduan berikut untuk mengetahui metode mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Basah vs. Kering

Metode basah vs. kering adalah pertanyaan umum yang ditanyakan orang ketika mereka mulai memikirkan jenis vinil yang ingin mereka pasang. Bergantung pada pengalaman membungkus Anda, kemampuan dan jenis vinil yang Anda aplikasikan pada mobil Anda, aplikasi basah atau kering mungkin lebih sesuai dengan situasi Anda daripada yang lain. Keuntungan dan kerugian masing-masing tergantung pada apa yang Anda paling nyaman - tidak ada metode yang benar atau salah. Berikut adalah perbedaan yang perlu Anda ketahui antara dua aplikasi instalasi bungkus.

Aplikasi Bungkus Basah

Pemasang yang belum berpengalaman sering kali menggunakan metode aplikasi bungkus basah karena prosesnya lebih mudah dan lebih pemaaf dibandingkan dengan teknik kering. Meskipun tidak disarankan untuk permukaan cembung dan cekung, metode basah lebih baik diterapkan pada area datar. Misalnya, jika Anda menerapkan gambar pada jendela atau bagian vinil yang lebih kecil ke mobil Anda, metode basah sangat ideal. Ini memiliki keuntungan karena tidak ada lipatan atau gelembung - yang bagus untuk pemula karena prosesnya mungkin rumit bagi Anda untuk segera menyempurnakannya.

Metode bungkus basah memerlukan cairan aplikasi untuk membantu vinil mengapung di permukaan selama proses adhesi. Cairan tersebut mencegah pra-adhesi, yang berarti bahan tidak akan menempel pada mobil Anda sebelum Anda siap. Jadi, jika ini adalah salah satu pemasangan pertama Anda, Anda beruntung! Anda dapat memindahkan film daripada harus merobeknya dari mobil Anda untuk mengubah posisinya. Intinya, cairan mematikan perekat untuk waktu yang singkat. Ini dilihat sebagai keuntungan bagi Anda untuk memastikan semuanya selaras dengan baik.

Beberapa orang membeli cairan aplikasi, dan yang lainnya membuat sendiri dengan sabun dan air. Jika Anda memilih untuk membuat sendiri, Anda bisa menambahkan tiga tetes sabun untuk setiap satu liter air untuk larutan yang tepat. Jika Anda menambahkan terlalu banyak sabun ke dalam campuran, itu dapat melawan sifat perekat pada vinil. Tepi dan sudut film DIY Anda akan terangkat, atau dalam skenario terburuk, seluruh film akan naik dari permukaan. Berhati-hatilah saat mencampur sabun karena sabun yang mengandung parfum dapat memengaruhi perekatnya juga.

Proses menggunakan metode basah membutuhkan alat pembersih yg terbuat dr karet. Alat pembersih yg terbuat dr karet memungkinkan Anda untuk menghilangkan cairan di antara perekat dan substrat. Penting juga untuk menumpuk pukulan Anda untuk memastikan semua gelembung udara terlepas sehingga filmnya halus. Squeegee dari kiri ke kanan lalu ke atas dan ke bawah untuk mendapatkan hasil tampilan terbaik pada vinil yang rata.

Pada titik ini, kami tahu Anda sangat ingin memamerkan mobil Anda dan mungkin membawanya untuk pelayaran yang bagus setelah Anda menyelesaikan prosesnya, tetapi disarankan Anda menunggu sekitar 24 jam sebelum menggunakan kendaraan Anda dan untuk memutar ulang film ke tempatnya. . Saat Anda memberikan tekanan ekstra pada tepi bungkusnya, itu mengurangi risiko terangkat.

Anda mungkin berpikir Anda siap melakukannya dan menggunakan metode aplikasi basah. Namun, ada beberapa saran lagi untuk diikuti sehubungan dengan jenis film yang akan digunakan untuk proses ini.

Jangan gunakan metode basah saat menggunakan vinil jalan keluar udara. Proses basah akan memerangkap kelebihan cairan, dan perkembangan adhesi akan gagal.

Jangan pernah mengaplikasikan film di atas paku keling saat menggunakan cairan aplikator. Kelembaban dapat terkumpul di bawahnya dan menyebabkan vinil retak sekaligus mengangkat tepinya.

Jangan pernah menggunakan metode ini pada logam yang tidak dicat dengan produk reflektif atau metalisasi. Dalam hal ini, fluida dapat menyebabkan korosi, de-laminasi film dan membuatnya menghitam.

Gunakan metode bungkus basah jika Anda menggunakan vinil transparan atau tembus cahaya.

Anda harus menghindari aplikasi bungkus basah jika Anda dapat menggunakan metode kering.

Kelebihan dari Metode Bungkus Basah

Keuntungan menerapkan metode wet wrap adalah sebagai berikut:

Cairan membantu mencegah pra-adhesive.

Lebih mudah dan lebih memaafkan bagi pengguna pertama kali.

Ini ideal untuk permukaan datar.

Cairan memungkinkan Anda mengubah posisi vinyl dengan mudah karena memberikan Anda fleksibilitas dan tidak akan merusak cat kendaraan atau vinyl baru.

Post a Comment for "2 Cara Teknik Memasang Sticker Pada Bodi Mobil, Ketahuilah Cara Ini !"